Saturday, September 14, 2013

PERTANYAAN EDS GURU

Untuk mempermudah dan mempercepat pengisian EDS untuk guru, hendaknya pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul nantinya secara online dibaca terlebih dahulu secara offline. Setiap guru tinggal baca dan centang jawabannya yang sudah disediakan. Sehingga ketika masuk ke akun PTK untuk pengisian angket EDS tidak perlu mikir lagi untuk menjawab. Langsung centang jawabannya dan lanjut terus sampai selesai.
Berikut rincian pertanyaan yang akan muncul ;

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
G.1.5
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
  • mencontek saat ujian
  • tidak mengerjakan tugas yang diberikan
  • menyalin tugas dari pekerjaan temannya
  • bolos tanpa alasan yang jelas dan dapat diterima
  • malas belajar
  • terlibat tawuran
  • terlibat narkoba
  • sering telat masuk sekolah
  • tidak menghormati guru dan orang lain
  • tidak ada jawaban yang sesuai

G.1.6
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
  • giat belajar dan rajin membaca
  • membantu teman/orang lain dan hormat pada guru
  • disiplin dan mematuhi tatatertib sekolah
  • melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
  • sportif dalam bertindak
  • berani mengakui kesalahan
  • tidak ada jawaban yang sesuai

G.1.7
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
  • secara konsisten ditunjukkan ketika berada di sekolah
  • sesuai dengan kondisi yang dilaporkan oleh orang tua siswa ketika berada di rumah
  • ditunjukkan ketika siswa berinteraksi dengan semua orang
  • menghormati orang yang berlaku
  • tidak ada jawaban yang sesuai
G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah :
  • mampu menghapal cukup banyak informasi yang diajarkan
  • mampu menjelaskan kembali sebuah informasi yang dipelajari dengan kalimat sendiri
  • mampu menerapkan suatu konsep untuk menjelaskan sebuah fenomena alam atau sosial
  • mampu mengidentifikasi variabel yang terkait dengan suatu permasalahan
  • mampu menerapkan sebuah prosedur untuk menyelesaikan permasalahan
  • tidak ada jawaban yang sesuai

G.1.9
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
  • mampu membaca cepat dan membuat rangkuman dari informasi tertulis
  • mampu menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
  • menyimak informasi secara tepat dan mampu menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
  • mampu melakukan telaah secara kritis kritis terhadap teks atau buku
  • membuat karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
  • tidak ada jawaban yang sesuai

G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati, mencoba, mengolah, dan menyajikan pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, serta dapat dibuktikan bukti penilaiannya adalah:
  • melakukan pengamatan dengan petunjuk yang jelas
  • melakukan percobaan/ekplorasi
  • menganalisis hasil percobaan/ekplorasi
  • menyajikan hasil percobaan/ekplorasi
  • membuat dan menyajikan hasil karya yang bagus
  • tidak ada jawaban yang sesuai

G.1.11
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
  • hasil meniru karya orang lain
  • hasil modifikasi karya orang lain
  • hasil kreasi sendiri sesuai dengan fasilitas yang tersedia

Untuk pertanyaan selengkapnya silahkan klik download

No comments:

Post a Comment